Jenis-Jenis Penyakit Kista Yang Mengganggu Rahim Wanita

Jenis Penyakit Kista, ciri2 penyakit kista, tanda2 penyakit kista


Setiap wanita diberkahi dengan adanya rahim / ovarium yang merupakan bagian dari sistem reproduksi untuk menghasilkan sel telur di tiap bulannya.  Sehatnya rahim tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri, karena wanita terlahir dengan sempurna. Yakni bisa menjadi jalan untuk memberikan pasangan buah hati nantinya.  Tetapi, terkadang harapan untuk memiliki momongan bisa saja pupus akibat rahim bermasalah. Salah satunya adalah terjangkiti berbagai jenis penyakit kista. Ya, Jenis Penyakit Kista merupakan persoalan klasik yang paling sering muncul. Yakni bisa muncul pada masa menstruasi, atau bisa juga muncul dengan sendirinya akibat organ kewanitaan tidak bersih.

Munculnya Penyakit Kista terkadang tidak berbahaya, karena terbentuk secara alami dan bisa hilang dengan sendirinya. Namun ada beberapa kasus dimana Jenis Penyakit Kista ini tidak hilang karena terkandung sel abnormal. Untuk itu, dibutuhkan langkah untuk mengangkat Jenis Penyakit Kista tersebut.

Nah, pada area ovarium sendiri, ada beberapa Jenis Penyakit Kista yang kehadirannya bisa memicu rasa sakit, dan terkadang mengganggu kesuburan wanita. Mau tahu apa jenis dari tumor jinak dalam ovarium ini?

Jenis Penyakit Kista Fungsional


Tumor jinak yang pertama dan sering dialami oleh kaum wanita pada bagian rahim adalah kista fungsional.

Jenis Penyakit Kista yang muncul bersamaan dengan haid. Karena Jenis Penyakit Kista ini merupakan bagian dari menstruasi itu sendiri. Jenis Penyakit Kista bisa hilang dengan sendirinya, dan terbilang tidak terlalu berbahaya.

Nah, Jenis Penyakit Kista fungsional ini juga terbagi menjadi dua. Letaknya berada pada indung telur. Yakni kista folikel dan kista korpus luteum.

Jenis Penyakit Kista folikel ini terjadi karena perkembangan sel telur terganggu. Akibatnya sel telur terikat, dan tidak bisa terlepas sempurna.

Dengan ketidakmampuan melepaskan diri, akhirnya folikel membengkak dan dipenuhi dengan cairan yang disebut dengan kista.

Sementara Jenis Penyakit Kista korpus luteum terjadi karena lubang atau saluran korpus luteum tersumbat. Dan penyumbatan ini menyebabkan daerah korpus luteum dipenuhi dengan cairan (kista).

Intinya, Jenis Penyakit Kista yang termasuk dalam golongan kista ovarium ini terbentuk dari gangguan pada organ dalam ovarium yang mana menyebabkan penumpukan cairan.


Penyakit Kista Ovarium, Jenis Penyakit Kista


Jenis Penyakit Kista Dengan Sel Abnormal

Penyakit Kista yang mengganggu ovarium kedua adalah kista dengan sel abnormal. Jenis Penyakit Kista ini muncul bukan bagian dari menstruasi, melainkan berasal dari pertumbuhan sel kanker. Ukuran kista ini sendiri lebih besar, bahkan sampai 35 cm yang mana akan mengganggu kesuburan kaum wanita. Dan ini tentunya berbahaya sehingga pengangkatan harus dilakukan.

Untuk Jenis Penyakit Kista dengan sel abnormal sendiri terbagi menjadi dua. Yakni kista adenoma dan kista dermoid yang tergolong berbahaya.

Jenis Penyakit Kista dermoid sendiri merupakan Penyakit kista yang terbentuk dari cairan yang disertai dengan sel abnormal. Biasanya terjadi pada kaum wanita yang berusia di bawah 40 tahunan.

Jenis Penyakit Kista ini nantinya bisa berkembang menjadi jaringan yang bisa menyerupai rambut, tulang atau jaringan manusia lainnya. Dan bisa berkembang mencapai ukuran 20 cm.

Sementara Jenis Penyakit Kista adenoma biasa terjadi pada kaum wanita yang berusia lebih dari 40 tahunan. Dan kista ini terbentuk dari sel-sel jaringan yang berasal dari luar ovarium. Jenis Penyakit Kista ini berbahaya karena bisa menyebabkan ovarium kehilangan pasokan aliran darah. Hal ini disebabkan oleh membesarnya kista yang mencapai 35 cm.

Begitu berbahayanya Penyakit Kista di dalam ovarium ini, Anda sebaiknya waspada dengan kesehatan ovarium supaya kesuburan terjaga. Misalnya dengan melakukan pemeriksaan secara rutin.

Dan bila ditengarai munculnya kista, segeralah untuk melakukan pengobatan. Anda bisa memanfaatkan paket pengobatan kista yang mana bermanfaat untuk pembersih, sekaligus pencegah tumbuhnya sel kanker.

Itulah beberapa Jenis Penyakit Kista ovarium yang sebaiknya dikenali lebih dini supaya kemungkinan memperparah keadaan ovarium lebih kecil.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »